Kabupaten Bogor Miliki Sekolah Swasta Terbanyak di Jawa Barat

0
32
views
Aher

JABARTERKINI.COM, Cibinong – Gubernur Jawa Barat, Ahmad Heryawan (Aher) mengatakan, peran sekolah swasta di Indonesia sudah ada sejak sebelum Indonesia merdeka.

“Sebelum Indonesia merdeka pihak swasta sudah berkontribusi dalam hal pendidikan untuk mencerdaskan masyarakat,” ujarnya usai menghadiri Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) II di Gedung Serbaguna 1, Cibinong, Kabupaten Bogor pada, Selasa (28/2/2017).

Aher menambahkan, jika pihaknya tidak pernah membeda-bedakan antara sekolah negeri dan sekolah swasta dalam memberikan bantuan untuk pendidikan seperti bantuan Badan Operasional Sekolah (BOS).

“Sekarang ini angkanya hampir imbang, siswa yang bersekolah di swasta ada 50 persen dan di negeri juga 50 persen,” terang Aher.

Lebih lanjut dia mengatakan, saat ini Sekolah Dasar (SD) hingga SMP didominasi oleh pemerintah.

Sementara SMA hingga perguruan tinggi, justru peran swasta yang lebih mendominasi.

“Pendidikan itu milik bersama dan hak bersama. Kewajiban negara menyiapkan hak-hak itu. Tapi, negara juga punya keterbatasan. Di Jawa Barat saja, 55 persen siswa bersekolah di perguruan swasta. Terpenting ada kesetaraan kualitas,” ungkapnya.

Ketua Badan Musyawarah Perguruan Swasta (BMPS) Pusat, Ki Suparwanto mengungkapkan, Mukernas II ini digelar mulai 27 Februari hingga 1 Maret 2017 dan dihadiri 224 peserta dari seluruh Indonesia.

Menurutnya, Kabupaten Bogor ini merupakan salah satu daerah yang jumlah perguruan swastanya cukup banyak.

“Dari 6898 sekolah, 5.106 diantara merupakan sekolah swasta. Itulah salah satu dasar ditunjuknya Kabupaten Bogor sebagai tuan rumah Mukernas ke II,” tambahnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here