Daging Kurban Jangan Dibungkus Pakai Keresek Hitam

0
317
views

JABARTERKINI.COM, Bandung – Pemkot Bandung menghimbau masyarakat agar tak menggunakan “keresek hitam” sebagai bungkus daging kurban untuk menghindari masuknya bahan zat-zat berbahaya. Hal itu disampaikan oleh Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (Dispangtan) Kota Bandung Elly Wasliah di kantornya Jalan Arjuna No. 45, Rabu (30/8).

“Dalam sosialisasi mengimbau agar pengurus mesjid, panitia pemotong hewan kurban di masjid atau Rt dan Rw tidak pembagian daging kurban kepada mustahik dalam kantong kresek hitam,” katanya.

Tidak Diketahui Materialnya

Elly menambahkan, kantong kresek hitam merupakan hasil proses daur ulang yang tidak diketahui materialnya dan kemungkinan besar mengandung zat kimia yang berbahaya jika dikonsumsi manusia lain,

“Kita tidak tahu mengandung bahan kimia apa tapi diduga mengandung zat karsinogen,” pungkasnya.

Menurut Elly bisa saja menggunakan keresek hitam sebagai kantong tapi panitia harus menggunakan media lain sebagai pembungkus daging kurbannya. Elly menyarankan menggunakan plastik yang bukan daur ulang yang biasanya transparan.

Pihaknya pun menghimbau agar panitia tidak menempatkan daging kurban yang baru di pisahkan dari tulangnya di media-media berbahan bambu baik tampah, keranjang Bambu, “Giribig” atau bilik bambu dan lain-lain. Pasalnya selain tidak higienis serat bambunya bisa terselip ke dalam daging kurban.

“Daging menyerap bau, nanti bau bambu, belum lagi tidak higienis dan mengandung kuman penyakit,” tandasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here