KPU Kabupaten Cirebon Kenalkan Maskot Pilbub Cirebon 2018

0
323
views

JABARTERKINI.COM, Kabupaten Cirebon – Si Timo (Canting Demokrasi) resmi dipilih menjadi maskot Pemilihan Bupati Cirebon 2018 mendatang. Maskot imut berbaju abu-abu itu berhasil menjadi pemenang lomba maskot yang digelar KPU Kabupaten Cirebon.

Si Timo merupakan karya dari Ikhsan Dwiono asal Semarang, Jawa Tengah. Tak hanya Si Timo, Ikhsan juga pemenang loma maskot saat Pilgub DKI Jakarta Abang dan None Monas, Pilkada Kota Cirebon Si Udang Cirebon (Dabon), serta beberapa daerah lainnya.

Kenapa Canting?

Maskot yang memiliki bentuk seperti canting membatik ini sarat akan nilai-nilai filosifis. Canting dipilih karena disesuaikan dengan potensi Kabupaten Cirebon yang memiliki sentra batik terkenal di nusantara. Salah satunya batik Mega Mendung.

Dengan bentuknya yang mirip canting membatik itu Si Timo terlihat lucu. Tangan Si Timo membawa kertas yang bertuliskan Rabu 27 Juni 2018, artinya Si Timo mengajak kepada masyarakat untuk datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada tanggal tersebut.

Wajah Si Timo pun tersenyum lebar yang menggambarkan kegembiraan masyarakat Cirebon menyambut Pilkada serentak 2018 mendatang.

“Setiap bentuk Si Timo ini ada artinya. Termasuk tangan kanan yang membawa paku dan tangan kiri membawa kertas. Si Timo mengajak masyarakat agar tak golput,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Cirebon, Syaefudin Jazuli seperti dilansir Detikcom, Selasa (29/8/2017).

Dalam lomba maskot yang diselenggarakan KPU Kabupaten Cirebon, dikatakan Syaefudin, diikuti sebanyak delapan peserta yang ikut ambil bagian. Sedangkan, untuk lomba jingle diikuti sebelas peserta. Pihaknya sebisa mungkin berlaku adil dalam menilai hasil karya peserta, yakni dengan melibatkan juri dari kalangan ahli dalam bidangnya masing-masing.

“Tentunya kami coba berlaku adil, maka jurinya bukan dari kami melainkan dari yang mengerti seni dan mengerti lagu. Setelah di buka pendaftaran dan diikuti belasan peserta akhirnya KPU memutuskan SI Timo menjadi pemenang dalam lomba maskot,” katanya.

Sementara itu, pemenang mars Plikada Cirebon 2018 mendatang adalah lagu beraliran pop yang merupakan hasil karya dari warga Cirebon sendiri. Sosialisasi maskot dan jingle pilkada itu akan dilakukannya secara gencar.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here