Waduk Setupatok Cirebon Terancam Kekeringan Akibat Kemarau

0
103
views

JABARTERKINI.COM, Cirebon – Ancaman kekeringan melanda bendungan air terbesar di Kabupaten Cirebon, Waduk Setupatok yang berlokasi di Desa Setupatok, Kecamatan Mundu. Ketinggian air di waduk tersebut menyusut 4 sampai 5 centimeter setiap harinya, diakibatkan oleh kemarau yang berkepanjangan.

Salah seorang Petugas Lapangan Waduk Setupatok Cirebon Muhammad Suherman mengungkapkan waduk seluas delapan hektare tersebut bisa menampung 13 juta meter kubik. Tetapi berkurang 5 juta kubik, hingga kini hanya ada 8 juta kubik.

“Waduk ini mengaliri sekitar 1.600 hektare sawah milik masyaralat yang ada di tiga Kecamatan. Ya untuk saat ini kesulitan, karena kan air waduk mulai berkurang,” katanya saat ditemui Detikcom, Minggu (27/8/2017).

Dengan jumlah volume yang masih tersisa, tambahnya, air waduk tak bisa mengairi sawah milik masyarakat. Tetapi, masyarakat sekitar memaksa pengelola untuk mengalirkan air waduk ke sawah. “Ya mau tak mau kita harus lakukan. Setiap hari itu sekitar 700 meter kubik kita alirkan ke sawah milik masyarakat,” tambahnya.

Memaksakan diri untuk tetap mengaliri sawah masyarakat, dinilai Suherman adalah tindakan yang berisiko. Karena jika air waduk habis maka bangunan waduk pun terancam mengalami kerusakan. “Volume air yang tersisa ini untuk menjaga keamanan bangunan saja. Kalau dialiri terus setiap hari maka volume akan terus berkurang, waduk juga terancam kering,” tegasnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here